Gambaran Umum Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan
Aplikasi ini akan menyampaikan tentang pencatatan aktivitas keuangan.
Dalam proses pembuatannya, pertama membuat diagram UML, membuat rancangan
tampilan antarmuka untuk aplikasi ini. Kemudian mulai dilakukan pembuatan program dengan menggunakan editor Eclipse IDE.
Setelah proses pembuatan program selesai dilakukan proses pengujian program
dengan menggunakan Emulator Android
sampai program berhasil dicompile. Jika program berhasil dicompile
selanjutnya dilakukan package agar aplikasi yang telah dibuat dapat diimplemetasikan ke dalam Ponsel
berbasis Android.
Struktur Navigasi
Struktur navigasi berfungsi untuk
menceritakan struktur atau alur cerita dari suatu program. Struktur navigasi
yang digunakan untuk membuat aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan ini yaitu
struktur navigasi hirarki. Struktur navigasi hirarki atau
yang sering disebut struktur navigasi bercabang. Struktur navigasi ini
merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data
atau gambar pada layer dengan kriteria tertentu. Tampilan pada menu
utama disebut master page (halaman utama satu), halaman tersebut
mempunyai halaman percabangan yang disebut slave page (halaman
pendukung) dan jika dipilih akan menjadi halaman kedua, begitu seterusnya.
3 Rancangan
Diagram UML
Dalam memodelkan proses yang terjadi pada rancangan sistem aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan akan dibuat
ke dalam 4 bentuk model UML,
yaitu Use Case Diagram, Activity Diagram. Berikut adalah dua rancangan diagram UML untuk aplikasi
ini.
Rancangan Use Case Diagram
Pada pembuatan aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan terjadi interaksi antara user (manusia) dengan sistem. Hal ini dapat dilihat pada gambar use case diagram pada gambar 3.2. Pada gambar tersebut akan
terlihat bagaimana alur interaksi antara user
dengan system. Pada use case diagram,
dapat dilihat bahwa interaksi antara user
dengan system terdapat 3 case utama.
Case
tersebut adalah case Pencatatan,
case Bantuan, dan case Info. Aktor atau user berasosiasi dengan 3 case
tersebut dan dilanjutkan ke turunan case
yang ada pada masing-masing case utama.
Pada
case Pencatatan akan
diteruskan dengan stereotype <>
yang berasosiasi dengan 6 case yang
ada. 6 case tersebut adalah case nama_user, case pendapatan,
case pengeluaran, case sumber pendapatan, sumber
pengeluaran, case proses. Keenam case
tersebut akan menyediakan informasi seputar aktifitas keuangan.
Pada
case Bantuan maka akan berasosiasi
dengan case tampilan Bantuan.
Hubungan antara case ini ditandai
dengan adanya stereotype sebagai
fasilitas penghubung. Tidak jauh berbeda dari case Bantuan, begitu pula pada case Info, case ini berasosiasi langsung dengan user. Case Info akan
dilanjutkan kepada case Tampilan Info
3 Rancangan Antarmuka
Perancangan antarmuka
aplikasi merupakan dasar dari konsep pembuatan tampilan-tampilan antarmuka yang
akan ada pada aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan. Pada perancangan yang ada dalam aplikasi ini terdapat beberapa konsep
tampilan terdiri dari perancangan antarmuka halaman awal, perancangan halaman
tampilan pencatatan, perancangan halaman bantuan, serta halaman info.
Rancangan Tampilan Halaman Pencatatan
Pada menu pencatatan ini terdapat 5
buah form pengisiian yaitu untuk mengisi nama_pengguna, pendapatan,
pengeluaran, sumber pendapatan, dan sumber pengeluaran berserta 3 buah button yang digunakan untuk
melakukan proses, laporan, dan
kembali.
Rancangan Tampilan Halaman
Info
Pada
gambar 3.6 merupakan menu info aplikasi ini, menampilan judul
Info, background dan Text
keterangan. Untuk membuat judul,
digunakan widget ImageView. Widget
ini menampilkan tulisan Informasi dalam bentuk gambar. Gambar tersebut juga
disimpan pada folder res/drawable. Kemudian untuk backgroud pada tampilan ini digunakan gambar yang disimpan dalam folder res/drawable. Kemudian untuk
Text, dibuat dengan widget TextView dan
menampilkan informasi tentang aplikasi ini.
|
|
INFO
aplikasi financial ini adalah suatu proses pencatatan segala aktifitas
yang berhubungan dengan keuangan, sehingga pemakai dapat mengetahui tingkat
keuangan yang dimiliki, apakah rugi, stabil, dan untung
|
|
Gambar 3.6. Rancangan Tampilan Halaman Info
Pengkodean Program
Pada
sub bab ini akan dijelaskan secara garis besar tentang pembuatan kode program
Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan dengan
menggunakan program editor Eclipse Galileo,
Android SDK dan ADT yang dimulai dari pembuatan database dengan SQLite, pengkodean tampilan Halaman Awal, menu pencatatan, menu
Bantuan, dan menu Info.
Membuat Database dengan SQLite
Membuat
database Informasi Keuangan
dengan menggunakan SQLite,
langkahnya adalah membuat java file baru dengan nama DatabaseCreate.java. Lalu
kode yang digunakan akan diulas pada penggalan kode program dibawah ini.
import android.content.Context;
import android.database.sqlite.SQLiteDatabase;
import android.database.sqlite.SQLiteOpenHelper;
Kutipan listing program diatas
menunjukkan library-library pada android SDK yang diimport untuk digunakan pada
proses pemrograman. Berikut ini
merupakan kutipan listing untuk menampilkan kategori laporan pada aplikasi Finansial.
public class DatabaseCreate extends SQLiteOpenHelper{
private static final String DATABASE_NAME="finan.db";
private static final int DATABASE_VERSION = 1;
public DatabaseCreate(Context context){
super(context , DATABASE_NAME , null , DATABASE_VERSION);}
Listing
Selanjutnya adalah OnCreate method dimana method ini akan dipanggil pertama
kali dibuat, disini kita melakukan pengaturan statis secara normal. Method ini
mempassing objek yang berisi status activity. setContentView adalah konten yang
ditampilkan saat program berjalan, yaitu database.xml. Berikutnya adalah Inisialisasi widget yang akan ditampilkan, pendeklarasian hasil perhitungan yang akan disimpan pada
konstruktor laporan. laporan yang
akan ditampilkan berdasarkan id yang diberikan pada parameter.
@Override
public void onCreate(SQLiteDatabase db) {
db.execSQL("CREATE TABLE "+TABLE_NAME+"("+_ID
+" INTEGER PRIMARY KEY AUTOINCREMENT,"+NAMA +" TEXT NOT
NULL, "+TANGGAL +" INTEGER, "+BULAN +" TEXT
NOT NULL, "+TAHUN +" INTEGER, "+PEMASUKAN +"
INTEGER,"+DESCPENDAPATAN +" INTEGER, "+PENGELUARAN
+" INTEGER, "+DESCPENGELUARAN +" INTEGER,"+NILAIAKG
+" DOUBLE,"+WAKTU+" INTEGER);");
System.out.println("DATABASE
DIBUAT");}
@Override
public void onUpgrade(SQLiteDatabase db, int oldVersion, int
newVersion) {db.execSQL("DROP TABLE IF EXIST "+TABLE_NAME);
onCreate(db);}}
Halaman Awal
Pada
pemrograman Android untuk pembuatan suatu tampilan pada program, dilakukan
pengkodean pada dua bagian yang berbeda. Pembuatan tampilan layout dilakukan dengan melakukan
pengkodean pada file XML. Pada bagian rancangan halaman Menu Utama ini hanya
terdiri dari background dan empat image button. Untuk membuat background dipergunakan file main.xml yang terdapat pada folder layout dan kemudian image yang di gunakan di letakan pada folder
drawable-hdpi. Lalu kode yang digunakan akan diulas pada penggalan kode program
dibawah ini.
mainmenu.xml
"1.0" encoding="utf-8"?>
android:id="@+id/layout0"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android">
android:id="@+id/button_main"
android:layout_width="100px"
android:layout_height="100px"
android:layout_x="41px"
android:layout_y="75px"
android:src="@drawable/awal"/>
android:id="@+id/txt_main"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_x="52px"
android:layout_y="180px"
android:text="PENCATATAN"/>
Kode diatas untuk membuat image button pencatatan pada halaman awal. Android: id merupakan kode pada xml untuk memberikan identitas pada
setiap object. Pada image button ini
identitasnya adalah button_main. Pengaturan
tampilan width sebesar 100px dan heightnya 100px.
Serta posisi dari image button itu
pada layar, yaitu pada koordinat pixel x = 41px dan y = 75px.
Sebagai image Button gambar akan
ditampilkan dengan android:src. Kode ini digunakan untuk melakukan pemanggilan resource berupa gambar pada drawalbe
yaitu gambar dengan nama awal. Untuk pembuatan image button Info, Bantuan dan Keluar caranya sama dengan pembuatan image button pencatatan. Pada gambar 3.16
dapat dilihat gambar tampilan dari image
button yang telah dibuat.
android:id="@+id/txt_exit"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_x="193px"
android:layout_y="331px"
android:text="KELUAR"/>
Landasan
untuk membuat tampilan ini adalah absolute
layout. Jenis ini digunakaan karena absolute
layout merupakan jenis tampilan layar yang dapat memuat objecti button/image/text dan dapat diatur
kedudukannya sesuat dengan koordinat pixel.
Kemudian untuk ukuran dari layout
baik secara height atau width menggunakan fill_parent agar mengikuti ukuran tampilan emulatornya.
android:background merupakan kode program yang digunakan untuk menambahkan background pada tampilan ini, dengan
memanggil file yang ada pada folder
drawable dan nama file tersebut adalah awal.
Setelah melakukan pengkodean pada mainmenu.xml sebagai tampilan Halaman Awal, maka dilanjutkan
pembahasan pada kode program yang ada dalam file java. Pertama kita akan
membahas tentang kelas yang menjadi induk dari kelas lain yang nantinya ada
dalam aplikasi ini. Kelas tersebut
diberi nama sebagain MainClass
import java.sql.Date;
import java.util.Calendar;
import financial.tian.R;
import android.app.Activity;
import android.app.AlertDialog;
import android.content.ContentValues;
import android.content.DialogInterface;
import android.content.Intent;
import android.database.Cursor;
import
android.database.sqlite.SQLiteDatabase;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import static
android.provider.BaseColumns._ID;
import static
financial.tian.Constant.*;
//import
android.view.View.OnClickListener;
import android.widget.AbsoluteLayout;
import android.widget.Button;
import android.widget.ScrollView;
import android.widget.TextView;
Kutipan listing program
diatas menunjukkan library-library pada android SDK yang diimport untuk
digunakan pada proses pemrograman.
public void onCreate(Bundle
savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.mainmenu);
// Set
up click listeners for all the buttons
View
enterButton = findViewById(R.id.button_main);
enterButton.setOnClickListener(this);
View
aboutButton = findViewById(R.id.button_tentang);
aboutButton.setOnClickListener(this);
View
bantuanButton = findViewById(R.id.button_bantuan);
bantuanButton.setOnClickListener(this);
View
exitButton = findViewById(R.id.button_exit);
exitButton.setOnClickListener(this);}
Listing
diatas menjelaskan bahwa utama.java
mempunyai extend ke activity dan diimplementasikan dengan klik. Tampilan pada
java ini adalah mainmenu.xml
yang terdapat di folder res>layout. Pada bagian ini juga dilakukan deklarasi
button yang dipakai pada tampilan menu utama.
public void onClick(View v) {
switch (v.getId()) {
case R.id.button_main:
Intent
Pencarian = new Intent(this, Perhitungan.class);
startActivity(Pencarian);
break;
case R.id.button_tentang:
Intent
Tentang = new Intent(this, Tentang.class);
startActivity(Tentang);
break;
case R.id.button_bantuan:
Intent
Bantuan = new Intent(this, Bantuan.class);
startActivity(Bantuan);
break;
case R.id.button_exit:
finish();
break; }}
Selanjutnya
dibuat kondisi saat tombol di klik. Ada 4 pada perintah public void onClick(View v) { switch(v.getId()) {
menandakan 4 tombol
yang setiap id nya akan dipanggil untuk seleksi kondisi. Kondisi yaitu jika
tombol pertama yang di klik maka akan menampilkan menu slide pencatatan yang bisa diisi dan diproses. Jika memilih tombol kedua
maka akan menampilkan menu slide
mengenai aplikasi yang dibuat, Jika memilih tombol ketiga maka akan menampilkan tata cara penggunaan aplikasi, dan Jika memilih
tombol keempat maka program akan selesai dan kembali ke icon
aplikasi pada menu aplikasi di androidnya. Setiap akhir case ada perintah
break, perintah ini agar setiap setelah selesai memilih satu case maka akan keluar
dari case yg telah dipilih.
Gambar 3.8. Tampilan awal program
Halaman Pencatatan
Pada
halaman pencatatan terdapat
beberapa menu button yang digunakan untuk proses perhitungan, laporan, dan kembali ke halaman awal. Terdapat tiga button, yaitu: proses, laporan, dan kembali.
Pada menu button proses
digunakan untuk menghitung hasil
dari pemasukkan dan pengeluaran yang telah di input user, dan akan menampilkan
hasil seperti gambar 3.9
Menu button
laporan digunakan untuk menampilkan seluruh hasil proses yang
telah masuk ke dalam database. Dan menu button keluar digunakan untuk kembali ke halaman
awal aplikasi.
Utama.xml
"1.0" encoding="utf-8"?>
"http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:background="@drawable/finance">
android:id="@+id/fraabs"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="300px">
Pada
penggalan kode di atas menandakan bahwa pada @+id akan membuat sebuah identitas
dengan nama fraabs bagi image button yang dibuat.
android:gravity="center_vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="50px"
android:text="User"
android:textColor="#000000"
android:textSize="10pt"
android:layout_x=
"10px"
android:layout_y="10px"/>
Kode program di atas menjelaskan pembuatan textview
dalam halaman pencatatan, untuk memberi form pencatatan yang dapat
di isi sesuai textview yang dibuat.
android:layout_width="150px"
android:layout_height="50px"
android:id = "@+id/txtNama"
android:layout_x= "150px"
android:layout_y="10px"/>
EditText digunakan untuk membuat kolom pengisian
yang nantinya akan di proses sesuai input an. Ukuran dari EditText dapat
kita atur melalui besar layout yang dipakai.
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:id = "@+id/btnHitung"
android:text = "PROSES"
android:layout_gravity= "center_horizontal"
android:layout_y="170px"
android:layout_x="20px"/>
Kode program di atas menjelaskan pembuatan Button
dalam halaman pencatatan. android:id = "@+id/btnHitung" adalah variabel yang telah di
deklarasikan di class java.
"@+id/ScrollInfo"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="350px"
android:layout_y="30px"
android:visibility="invisible">
android:id="@+id/frahasil"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:layout_y="0px">
Setelah membuat tampilan pada xml, dilanjutkan pada
pengodean pada file java. Pada file java yang digunakan untuk mengatur
jalannya aktivitas pencatatan adalah
kelas utama.java. Bentuk penulisan kode untuk membuat kelas telah
dibahas pada subbab sebelumnya.
Kode Program Utama.java
public static class
Perhitungan extends Activity implements
android.view.View.OnClickListener {
private TextView txtNilai1, txtNilai2,
txtHasil2, txtHasil, txtHasili2, txtHasili, txtNama;
private
ScrollView ScrollInfo;
private
Button button_back;
private
AbsoluteLayout fraabs;
private Button btnOk, btnBack,
btnHistory;
private
DatabaseCreate events = new DatabaseCreate(this);
String
kondisi;
Listing diatas menjelaskan bahwa utama.java mempunyai extend ke activity dan
diimplementasikan dengan klik.
/**
Called when the activity is first created. */
@Override
public
void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.utama);/**layout
yang digunakan main.xml di
resource*/
txtNama = (TextView)findViewById(R.id.txtNama);
txtNilai1
= (TextView) findViewById(R.id.txtNilai1);
txtNilai2
= (TextView) findViewById(R.id.txtNilai2);
txtHasil
= (TextView) findViewById(R.id.txtHasil);
txtHasil2
= (TextView) findViewById(R.id.txtHasil2);
txtHasili
= (TextView) findViewById(R.id.txtHasili);
txtHasili2 = (TextView) findViewById(R.id.txtHasili2);
btnOk = (Button) findViewById(R.id.btnHitung);
btnHistory
= (Button)findViewById(R.id.btnHistory);
btnBack
= (Button)findViewById(R.id.btnKembali);
fraabs
= (AbsoluteLayout) findViewById(R.id.fraabs);
ScrollInfo
= (ScrollView) findViewById(R.id.ScrollInfo);
button_back=(Button) findViewById(R.id.button_back);
btnOk.setOnClickListener(this);
btnBack.setOnClickListener(this);
btnHistory.setOnClickListener(this);
System.out.println("Proses
1");
kondisi=txtNama.getText().toString();
Jadi kode di atas adalah melakukkan
pendeklarasian variable baru yang diatur dapat diklik dengan setOnClickListner .Kemudian fungsi dari findViewById adalah untuk Menemukan view yang
diidentifikasi oleh atribut id dari XML yang kemudian diproses dengan
OnClick().
public void onClick(View v) {
switch (v.getId()) {
case R.id.btnHitung:
int n1 = Integer.valueOf((String.valueOf(txtNilai1.getText())));
int n2 = Integer.valueOf((String.valueOf(txtNilai2.getText())));
int hasil = n1;
int hasil2 = n1-n2;
System.out.println("Hitung
sukses");
try{
Penggalan kode diatas menjelaskan bahwa method ini
bertipe public bisa diakses selama dalam satu kelas. untuk kondisi switch case telah dibahas pada subbab
sebelumnya. Pada case ini perintah yang dilakukan adalah txtNilai akan diatur memiliki value text.
//kalau
pakai inputan, isi langsung addEvent(txt.getText().toString())
//jika
menggunakan button maka addEvent dipanggil saat method onClick diekskusi.
addEvent((txtNama.getText().toString()),n1,n2,hasil); //berfungsi untuk
menambahkan data ke database
System.out.println("addEvent
kelar");
}catch(Exception
ex){
ex.getMessage();}
finally{
events.close();}
Pemenggalan program diatas adalah fungsi catch yang merupakan blok program untuk
menangkap jika terjadi kesalahan pada blok try.
Exception ex dimaksudkan bila terjadi eror maka akan keluar program.
txtHasili.setText("
Selisih pendapatan dan pengeluaran anda adalah= "+hasil2);
if(n1
txtHasili2.setText("Anda
Mendapatkan Kerugian \n");
}else
if(n1==n2){
txtHasili2.setText("Anda
Menemui titik Ballance \n");
}else
if(n1>n2){
txtHasili2.setText("Anda
Mendapatklan Keuntungan \n");}
break;
case R.id.btnKembali:
finish();
break;
case R.id.btnHistory:
ScrollInfo.setVisibility(View.VISIBLE);
fraabs.setVisibility(View.INVISIBLE);
button_back.setVisibility(View.VISIBLE);
try{
Cursor
cursor= getEvents();//berfungsi untuk menampilkan data ke database
showEvents(cursor);
System.out.println("getEvent()
kelar");
}catch(Exception
ex){
ex.getMessage();}
finally{
events.close();}
break;
default:
break;}}}
Kemudian
terdapat 3 perintah
public void onClick(View v) { switch(v.getId()) { menandakan 3 tombol yang setiap id
nya akan dipanggil untuk seleksi kondisi. Kondisi yaitu jika tombol pertama
yang di klik maka akan menampilkan menu proses yang bisa dipilih. Jika memilih tombol kedua maka program
akan menampilkan slide laporan. Dan Jika
memilih tombol ketiga maka
program akan kembali ke icon aplikasi pada menu halaman awal. Setiap akhir case ada perintah break, perintah ini
agar setiap setelah selesai memilih satu case maka akan keluar dari case yg
telah dipilih
Halaman Info
Jika
tombol Info pada Main Menu
ditekan maka akan muncul tampilan halaman Info. Tampilan ini memuat informasi yang menjelaskan kegunaan
aplikasi ini. Jika ingin kembali pada Menu Utama maka pengguna dapat menekan soft-key tombol back pada papan
ketik di emulator atau telepon seluler
.
Kode Program XML:
"1.0" encoding="utf-8"?>
android:id="@+id/widget0"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:background="#fff0f0f0"
xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android">
pada penggalan kode program diatas dijelaskan bahwa
layout yand dipakai adalah Widget. Layout ini digunakan untuk
membuat tampilan berupa Widget yang memiliki lebih dari satu Widget.
android:id="@+id/widget28"
android:layout_width="193px"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="TENTANG"
android:textSize="28sp"
android:typeface="serif"
android:textStyle="bold|italic"
android:layout_x="65px"
android:layout_y="23px"
>
Pemenggalan kode program diatas merupakan
pengaturan widget untuk membuat TextView yang akan ada dalam tampilan nantinya.
android:id="@+id/widget29"
android:layout_width="270px"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="aplikasi
financial ini adalah suatu proses pencatatan segala aktifitas yang berhubungan
dengan keuangan, sehingga pemakai dapat mengetahui tingkat keuangan yang
dimiliki, apakah rugi, stabil, dan untung."
android:layout_x="25px"
android:layout_y="100px"
android:textColor="#ff00cccc">
Setelah melakukan pengaturan pada kode xml, maka
berlanjut kepada pengkodean dalam file
java. Pada kode program java dibuat kelas baru.
Kode Program utama.java:
public static class
Tentang extends Activity { //kelas untuk tentang
/**
Called when the activity is first created. */
@Override
public void onCreate(Bundle
savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.tentang);}}
Pada
halaman Info ini terdapat
suatu textview pada yang menunjukkan keterangan tentang pembuatan aplikasi
Android Finansial. Deklarasi
java pada eclipse dijadikan satu
.java yaitu utama.java menampilkan halaman Info.
Gambar 3.12. Tampilan Halaman Info
Halaman Bantuan
Tampilan
halaman Bantuan akan memberikan informasi tentang bagaimana cara menggunakan
aplikasi ini. Bantuan ini diperuntukan agar pengguna tidak kesulitan dalam
menjalankan aplikasi. Bantuan akan bias scroll
keatas dan kebawah sehingga informasi yang akan disampaikan walaupun banyak
akan dapat dilihat semua oleh pengguna aplikasi ini. Tampilan ini akan muncul
setelah pengguna menekan tombol bantuan pada Halaman Awal. Jika ingin kembali kembali pada Halaman Awal maka pengguna dapat menekan soft-key back pada papan ketik di
telepon seluler.
Bantuan.xml
"1.0" encoding="utf-8"?>
android:id="@+id/widget0"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android">
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="350px"
android:layout_y="30px">
android:id="@+id/widget0"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android">
android:id="@+id/widget28"
android:layout_width="193px"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="BANTUAN"
android:textSize="28sp"
android:typeface="serif"
android:textStyle="bold|italic"
android:layout_x="65px"
android:layout_y="40px">
Pada
penggalan kode program diatas dijelaskan bahwa widget akan digunakan melalui beberapa kalimat, sehingga tampilan Halaman Bantuan
terlihat teratur dalam langkah-langkah
nya.
Kode Program utama.java:
public static class
Bantuan extends Activity { //kelas untuk bantuan
/**
Called when the activity is first created. */
public void onCreate(Bundle
savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.bantuan);
Cara Transfer dan Setting di Perangkat
Seluler
Setelah Aplikasi
Android Pencatatan Informasi Keuangan selesai dibuat
di emulator android. Maka aplikasi tersebut siap untuk ditransfer ke dalam perangkat seluler. Langkah untuk mentransfer
aplikasi dari PC ke mobile device adalah dengan meng-klik kanan pada project Financial kemudian pilih android
tools, pilih export signed application package. Langkah selanjutnya mengisi
kolom-kolom tentang allias, nama, password, validity years dan lain-lain
sebagai keterangan atas aplikasi tersebut.
Setelah file yang diexport ke dalam folder yang diinginkan maka pada
folder tersebut akan terdapat file financial.apk. file tersebut yang akan ditrasnfer ke perangkat
seluler. Sebagai langkah terakhir, file financial.apk yang sudah ditransfer ke perangkat seluler
kemudian dilakukan penginstalan. Setelah proses penginstalan selesai maka
aplikasi ini dapat dijalankan di perangkat seluler tersebut. Klasifikasi perangkat seluler yang
kompatibel dengan aplikasi Pencatatan
Informasi Keuangan adalah segala jenis perangkat seluler yang memiliki
sistem operasi Android versi 2.2 Froyo (Frozen Yoghourt) dan memiliki resolusi
layar HVGA 320 x 480 pixel.
Spesifikasi Sofware dan Hardware
Pada
sub ini akan dijelaskan bagaimana mengimplementasikan rancangan Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan hingga
menghasilkan sebuah program aplikasi yang
memudahkan pengguna akhir. Pada pembuatan aplikasi ini
menggunakan system operasi android dengan bahasa pemograman java, Untuk memulai
membuat aplikasi, kita harus mengintegrasikan sistem android dan
perangkat-perangkat lunak yang diperlukan sampai dapat menjalankan program
aplikasi tersebut pada Android device.perangkat-perangkat lunak yang dibutuhkan
untuk membuat aplikasi Android mulai dari instalasi adalah: JDK 6 (Java Development Kit), Android SDK, Eclipse 3.5 (Galileo), ADT 9.0.0 (Android Development Tools). Pada pembuatan program aplikasi
ini digunakan PC dengan spesifikasi hardware sebagai berikut :